Tips Menata Ruang Makan di Rumah Anda

Sama halnya seperti ruang lainnya, ruang makan sebaiknya bisa menghadirkan rasa nyaman.  Ruang Makan di rumah juga wajib bersih, karena terkadang digunakan sebagai area sosial, misalnya saat ada tamu datang makan bersama.

 sebaiknya bisa menghadirkan rasa nyaman Tips Menata Ruang Makan di Rumah Anda
Desain Interior Ruang Makan di Rumah, foto: homeanddecor.com.sg

Tips Menata Interior Ruang Makan yang Benar


 sebaiknya bisa menghadirkan rasa nyaman Tips Menata Ruang Makan di Rumah Anda
Contoh Desain Ruang Makan di Rumah, foto: Imania Desain

Menata interior ruang makan yang baik meliputi pemilihan meja makan, pemilihan warna,  pemilihan asesoris untuk ruang makan, dan terkadang melakukan kiat membuat ruang makan berukuran kecil terasa lega.

Tips Memilih Meja Makan untuk Ruang Makan Anda

 sebaiknya bisa menghadirkan rasa nyaman Tips Menata Ruang Makan di Rumah Anda
Contoh Pemilihan Meja Makan bentuk bundar untuk ruang makan, foto: RumahSeminimalis.com



Meja makan merupakan center piece dari interior ruang makan, maka perlu memiliki ukuran yang proporsional serta desain yang sesuai, juga memiliki pemandangan yang baik dari sudut tempat ia berada.  Jenisnya meja makan cukup beragam, yang paling sering dipilih adalah yang ukuran dan modelnya bisa menghemat ruang, misalnya meja lipat yang besarnya dapat disesuaikan penggunaan, atau bisa juga berbentuk bangku panjang yang menempel di dinding, sehingga lebih efisien dan menghemat ruang dibandingkan menggunakan banyak kursi. Pencahayaan di atas meja makan juga penting diperhatikan, cukup terang, namun tidak menyilaukan.

Tips Memilih Warna yang Cocok untuk Ruang Makan

 sebaiknya bisa menghadirkan rasa nyaman Tips Menata Ruang Makan di Rumah Anda
Memilih Warna untuk Ruang Makan, foto: Pinterest



Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa ruang makan sebaiknya memiliki karakter Anda, menimbang konsep ruangan lain di rumah Anda, serta mempertimbangkan konektivitas ruang tersebut dengan ruang lainnya. Jika anda mencari warna yang cocok untuk ruang makan Anda, maka tengoklah dapur atau ruang keluarga. Jika keduanya memiliki atmosfer yang sama, maka akan lebih mudah untuk membuat ruang makan berkesan lebih luas. Atau anda juga dapat memberikan detail lebih pada dinding atau lantai. Pilihlah warna yang berbeda dengan ruang di sekitarnya, namun yang juga mampu mempertahankan atmosfer serupa.

Tips Memilih Aksesori yang cocok untuk Dekorasi Ruang Makan

 sebaiknya bisa menghadirkan rasa nyaman Tips Menata Ruang Makan di Rumah Anda
Pemilihan Aksesori untuk Dekorasi Ruang Makan, foto: WaMo



Ruang makan sebetulnya juga membutuhkan varian aksesori, misalnyataplak meja. Aksesori ruang makan yang digunakan tergantung suasana yang ingin Anda bangun.  Anda juga bisa melakukan tata ulang benda-benda pajangan lama, atau mengganti dan menambahnya dengan yang baru.  Materi dan warna meja serta kursi ruang makan merupakan center piece, maka asesori lainnya sebaiknya dipilih yang harmoni dengan keduanya.

Meja makan dapat terbuat dari kayu eksotik, atau sederhana untuk memberikan kesan lebih modern dan Nordik. Namun jangan lupa, bahwa peran pencahayaan juga penting. Jendela di ruang makan sebaiknya dapat memberikan celah bagi sinar matahari yang memadai, namun tak berlebihan.


Tips Menata Ruang Makan Sempit Terasa Lebih Luas

 sebaiknya bisa menghadirkan rasa nyaman Tips Menata Ruang Makan di Rumah Anda
Menata Ruang Makan berukuran kecil agar terasa luas, foto: Renovasi-Rumah.net
Baca juga yang satu ini : Portofolio

Untuk ruang makan berukuran kecil, supaya tempat yang sempit terebut terasa lebih luas, maka penataan interior yang dipilih perlu tepat.  Berikut ini 9 tips mendekorasi ruang makan agar ruang makan kecil terasa luas :

  1. Pilih dekorasi untuk ruang makan yang mendukung pencahayaan, dengan kata lain tidak membuat ruang berkesan gelap. 
  2. Pilihkah furniture multifungsi, misalkan kursi makan yang bisa digunakan juga sebagai kursi ruang tamu.
  3. Pemasangan cermin pada dinding juga bisa membuat ruang sempit terlihat lebih luas, cobalah memasangnya di salah satu sisi dinding ruang makan Anda. 
  4. Manfaatkan dinding sebagai tempat meletakkan dekorasi ruang makan, misalkan lukisan buah-buahan, hiasan dinding, atau lampu dinding yang mempercantik ruang makan Anda.
  5. Gunakan meja makan berukuran kecil berbentuk bundar.  Bentuk meja makan bundar akan memberi kesan lebih lega dan fleksibel. 
  6. Sebaiknya meja makan kecil yang digunakan tidak terlampau tinggi, sehingga bentuknya tetap proporsional.
  7. Gunakan kursi model minimalis, agar tidak menyita tempat di ruang makan Anda.
  8. Gunakan rak dinding atau floating shelf sebagai pengganti lemari makan.  Hal ini akan mengurangi penggunaan tempat, dan memaksimalkan area pada dinding ruang makan.
  9. Pilihkah materi yang dipakai sebagian bisa tembus pandang, seperti korden ringan, dan hindari yang berat atau terlalu tebal. Hal ini juga sangat membantu untuk menciptakan kesan ruang yang lebih luas dan nyaman.  

Demikian Tips Menata Ruang Makan Rumah Anda dari rumah interior lampung, semoga bermanfaat.

Kembali ke

Tags: #Artikel Interior Rumah #Ruang Makan #Tips