Desain Kost Di Atas Tanah 6.5 m x 15 m

Alhamdulillah kami telah memiliki rumah di kawasan kampus, dimana hampir setiap rumah dikontrakan untuk mahasiswa kuliahan. Ukuran lahan 6,5 m x 15 m. Dengan keterbatasan luasan tanah & bentuk yg memanjang itu, kami ingin membuat kamar 6 kamar dengan kamar mandi di dalam. Serta ada satu kamar terpisah dari bangunan utama tersebut sebagai tempat singgah kami jika ada keperluan kami ke kota tersebut, tentu dg kamar mandi dalam juga. Saat ini kondisi rumah sebelumnya cukup mengalami kerusakan parah, karena sudah 2 tahun lebih tdk digunakan. Budget kami ada 90 jt, apakah terpenuhi rencana kami tersebut. Demikian, terima kasih atas ulasannya.
 Alhamdulillah kami telah memiliki rumah di kawasan kampus Desain Kost Di Atas Tanah 6.5 m x 15 m

 Alhamdulillah kami telah memiliki rumah di kawasan kampus Desain Kost Di Atas Tanah 6.5 m x 15 m Alhamdulillah kami telah memiliki rumah di kawasan kampus Desain Kost Di Atas Tanah 6.5 m x 15 m Alhamdulillah kami telah memiliki rumah di kawasan kampus Desain Kost Di Atas Tanah 6.5 m x 15 m
Dengan lahan yang relatif sulit untuk merealisasikan keinginan anda, saya mencoba mengatur tata ruang dan tampilan bangunan rumah kost tersebut. Enam unit kamar kost berukuran 3.5 m x 2.5 m serta 1 buah kamar singgah berukuran 3.5 m x 3 m dengan kamar mandi dalam tidak mungkin dipaksakan dalam 1 lantai, sehingga harus direncanakan dalam 2 lantai. Masing-masing kamar kost terdiri dari 1 unit tempat tidur single bed, 1 unit meja belajar ukuran 0.65 m x 0.5 m serta 1 unit lemari kecil. Ruang tidur untuk anda singgah dibuat lebih luas karena harus memuat tempat tidur ukuran 1.6 m x 2 m. Untuk lemari pakaian dan rak penyimpanan lainnya dapat memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga dengan membuat lemari ‘build in’ pada dinding kamar yang bersisian dengan tangga.
Agar seluruh kamar mandi sehat dan bersih, maka sebaiknya tidak menggunakan bak mandi, tetapi cukup dengan shower. Penghawaan kamar mandi yang tidak bersisian dengan dinding luar, dapat menggunakan exhaust van yang udaranya dibuang melalui plafond.
Syarat selanjutnya adalah menghindarkan tamu yang berkunjung untuk masuk ke dalam kamar kost yang akan menimbulkan fitnah dan hal-hal negatif yang tidak kita inginkan, sehingga direncanakanlah ruang tunggu di lantai bawah dan atas berukuran masing-masing 3 m x 2 m.
Syarat kesehatan juga menjadi pertimbangan sehingga kamar di desain tetap dapat berhubungan langsung dengan udara dan cahaya alami. Karena itu terdapat taman di dalam ruangan yang berhubungan langsung dengan selasar kamar sehingga cahaya dan udara alami dapat masuk ke dalam kamar. Di bagian atas terdapat void di atas taman sehingga cahaya dan udara mengalir bebas. Dengan adanya void terbuka ini diharapkan akan mampu menghemat energi karena kamar mendapatkan pencahayaan alami pada siang hari.
Di samping itu juga diperlukan sedikit ruang jemur dan pantry atau dapur kecil yang diletakkan pada bagian belakang, agar anak-anak kost dapat berhemat dengan memasak dan mencuci sendiri. Di bagian atas juga disiapkan gudang atau dapat digunakan untuk ruang penjaga jika memang dibutuhkan.
Parkir motor juga masih memungkinkan diletakkan di halaman depan dan sedikit taman hijau di depan kamar.
Tampilan rumah kost ini cukup simple dengan atap miring satu sisi kearah taman. Hal ini untuk meringankan perawatan karena menghindarkan adanya talang yang rawan terhadap kebocoran. Antara bangunan utama dan kamar anda dipisahkan dengan ruang tangga dan ruang tunggu beratap datar. Pada sisi ruang tunggu lantai atas yang menghadap jalan, dibuat terbuka sehingga udara dari luar dapat mengalir bebas ke dalam bangunan. Ruang tangga dan ruang tunggu ini dapat diberikan tekstur dinding yang berbeda, agar rumah kost ini tampak lebih artistik.
Dengan luasan kurang lebih 120 m maka biaya yang dibutuhkan jika per m2 nya 2 juta rupiah adalah 240 juta rupiah, karena itu pelaksanaannya dapat dibuat bertahap. Jangan memaksakan budget anda untuk menyelesaikan seluruh bangunan, karena tidak mungkin akan terealisasi atau hanya akan terbangun sekedarnya.

Tags: #lainnya