Ciri Khas Membuat Desain Rumah Bali Sederhana dan Contoh Gambar

Desain rumah bali sederhana memiliki ciri khas rumah tradisional hindu namun untuk sekarang bisa membuat rumah tampak lebih alami, nuansa klasik dan asri. Sehingga anda lebih nyaman tinggal di rumah. Indonesia memiliki beragam suku yang tersebar di seluruh indonesia, setiap suku memiliki rumah adat masing-masing. Termasuk di bali yang memiliki arsitektur bangunan yang khas. Ketika anda pergi ke bali, pasti melihat rumah dengan gaya yang khas di bali. Tahukan anda orang bali memiliki filosofi dalam membangun sebuah rumah.
Ada filosofi tri hata karana, tri mandala, sanga mandala, tri anga, tri loka, asta kosala kosali dan arga segara. Orang bali selalu mematuhi semua filosofi tersebut. Jika anda ingin membuat desain rumah bali sederhana di tempat lain, tentunya harus memperhatikan ciri-ciri yang khas dari rumah bali. Mari kita bahas satu-satu dibawah ini.

Berikut Ciri-Ciri Khas Desain Rumah Bali Sederhana :

Ada Unsur Alam
Orang bali begitu menghargai alam. Oleh karena itu rumah bali pasti identik dengan halaman yang luas, dominan unsur kayu dan banyak pohon kamboja di depan rumahnya. Untuk memperkuat desain rumah bali anda, gunakan unsur alam dalam membangun rumah. Misalnya batu alam, batu granit, ukuran kayu, halaman yang penuh tanaman, bambu dan lainnya. Misalnya dibagian depan rumah, anda bisa menambah batu alam untuk dindingnya. Jangan lupa menambahkan pohon kamboja yang sangat kental dengan suasana bali.
 memiliki ciri khas rumah tradisional hindu namun untuk sekarang bisa membuat rumah tampak Ciri Khas Membuat Desain Rumah Bali Sederhana dan Contoh Gambar

 memiliki ciri khas rumah tradisional hindu namun untuk sekarang bisa membuat rumah tampak Ciri Khas Membuat Desain Rumah Bali Sederhana dan Contoh Gambar

 memiliki ciri khas rumah tradisional hindu namun untuk sekarang bisa membuat rumah tampak Ciri Khas Membuat Desain Rumah Bali Sederhana dan Contoh Gambar

Banyak Ruangan Terbuka
Banyak orang bali yang lebih suka memakai desain ruangan yang terbuka. Misalnya dapur dan ruang makan outdoor yang menghadap langsung ke taman belakang.. Mungkin anda juga bisa membuat kamar tidur dengan pintu geser yang langsung terlihat dari taman anda. Di desain rumah bali sederhana pembagian ruangan harus jelas dan rapi. Hal ini sesuai dengan filisift tri angga, yang berarti tingkatan. Ada tingkayan nista, madya dan utama. Jadi ada yang namanya ruang pribadi, semi publik dan ruang publik. Di bali sangat menerapkan sistem ini. Jadi mana bagian rumah yang bisa dijangkau banyak orang dan mana yang khusus pribadi.
Dekorasi Ukiran
Sebenarnya dekorasi ukiran ini tidak hanya identik dengan rumah bali, beberapa rumah jawa juga banyak yang memakai ukiran. Entah itu ukiran kayu dan batu. Hal ini masih berhubungan dengan unsur alam di rumah bali. Di beberapa bagian gunakan ukiran kayu atau batu, untuk membuat desain rumah semakin indah. Misalnya di depan rumah dibuat taman minimalis yang memakai ukiran batu. Di dalam rumah juga bisa memakai ukiran kayu. Pahatan yang unik dan menarik.
Banyak Ventilasi Udara
Hal ini berhubungan dengan ciri banyak ruangan yang terbuka. Ventilasi rumah anda harus lebih banyak,sehingga membuat rumah lebih nyaman. Kalau memakai kaca, pun gunakan kaca bening yang tembus pandang. Sehingga suasana rumah lebih terang. Ini akan menghemat energi di rumah anda. Fondasinya juga terlihat lebih kokoh, memakai unsur kayu yang lebih dominan.

Ada unsur lain yang wajib ada di rumah bali, misalnya tembok gerbang yang memakai batu alam dan halaman yang luas. Selain itu pepohonan juga lebih rindang. Untuk desain rumah bali sederhana tentunya tidak bisa sedetail itu. Anda harus bisa menempatkan semua unsurnya dengan baik. Sehingga keseimbangan antara alam dan kenyamanan tetap terjaga.

Tags: #Rumah minimalis