Cara Membersihkan Lantai Keramik Biar Mengkilap

Cara Membersihkan Lantai Keramik Agar Mengkilap - Keramik memang masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjadi lantai rumah mereka. Biasanya lantai keramik berwarna putih menjadi salah satu favorit banyak orang. Mungkin alasannya yakni warna putih menawarkan kesan bersih, sederhana namun juga terlihat simpel dan tidak berlebihan. Selain itu, dengan memakai warna putih, noda apa pun akan jadi lebih praktis terlihat sehingga lebih praktis ketika dibersihkan.

Sumber: whatiswix home garden


Namun meski warna lantai keramik putih selalu jadi kesukaan banyak orang, bukan berarti ubin keramik hadir dengan warna putih saja. Selain warna putih, lantai keramik juga dipilih alasannya yakni warnanya yang lebih beragam, keramik juga mempunyai banyak motif yang bisa menciptakan ruangan dirumah menjadi lebih cantik. Untuk harga, keramik juga jauh lebih murah daripada lantai dari materi granit atau materi lainnya.

Untuk membersihkannya pun lantai keramik jauh lebih praktis dan anda juga sanggup menemukan aneka macam produk pembersih lantai keramik di aneka macam swalayan, atau bahkan warung di bersahabat rumah. Namun meski mudah, bukan berarti anda mengabaikan pentingnya membersihkan lantai keramik. Dan menyerupai yang dilansir oleh danmogot.com, berikut ini Cara Membersihkan Lantai Keramik yang bisa anda coba ikuti!

Cara Membersihkan Lantai Keramik Agar Mengkilap


1. Biasakan untuk rutin menyapu lantai keramik di rumah anda

Sumber: hipwee.com


Rajin menyapu kotoran pada lantai keramik anda yakni cara terbaik untuk menjaga lantai keramik tetap mengkilap. Perlu anda ketahui bahwa bubuk yang menumpuk ditambah dengan kotoran berupa pasir sanggup menjadikan keramik menjadi tergore. Jika hal ini terjadi terus menerus dan berulangkali, maka kilap pada keramik lama-kelamaan akan pudar.


2. Biasakan mengepel lantai

Sumber:  gayahidup.merdeka.com


Jika ingin mengepel lantai pakailah air hangat ketika mengepel keramik. Air hangat akan menciptakan kotoran yang melekat pada keramik praktis terlepas. Jika perlu, anda sanggup  menambahkan cairan pembersih lantai sesuai dengan petunjuk yang biasanya tertera pada kemasan tiap-tiap produk. Ingat ! Gunakan cairan yang sempurna untuk jenis lantai anda.

Cara Membersihkan Lantai Keramik Agar Mengkilap Cara Membersihkan Lantai Keramik Agar Mengkilap
3. Pilih kain pel bersih, lembut dan mempunyai daya serap yang tinggi

Sumber: cleanipedia.com


Rajinlah mengganti air bilasan kalau airnya sudah kotor alasannya yakni pembilasan. Setiap kali membilas, jangan lupa untuk memeras kain pel semoga lantai keramik tidak berair berlebihan.


4. Pel ruangan dengan merata

Sumber: gayasatriaresidence.wordpress,com


Pel ruangan dengan merata, sehingga seluruh keramik dalam ruangan tetap terjaga kebersihannya. Yang terakhir, selesai mengepel, biarkan lantai keramik kering secara alami. Perawatan lantai keramik intinya memang mudah. Namun pada kasus tertentu dibutuhkan juga perawatan khusus pada keramik.


Selain cara membersihkan lantai keramik diatas, menyerupai yang dilansir oleh teruskan.com, berikut ini 3 Tips Membersihkan Lantai Keramik!

3 Tips Membersihkan Lantai Keramik



1. Pilih jenis pel yang digunakan

Sumber: id.aliexpress.com


Alat pel bukan hanya sekedar  kain pel yang mempunyai kegunaan untuk membersihkan lantai. Pel yang anda pilih bahkan sanggup besar lengan berkuasa pada kebersihan lantai rumah anda. Alat pel yang dipakai setidaknya harus cukup kuat untuk membersihkan noda berair atau kering dan tidak meninggalkan gesekan pada lantai. Untuk jenis kain pel yang ideal, pilih kain pel yang removable, praktis dilepas atau sanggup diganti untuk bab kainnya. Pilih kain pel yang berbahan ringan untuk memudahkan dalam memeras. Anda juga sebaiknya rajin membersihkan kain pel, alasannya yakni kain pel yang kotor hanya akan mengotori lantai rumah anda. 


2. Larutan pembersih

Sumber: feed.merdeka.com


Untuk larutan pembersih, sebaiknya memakai larutan yang diformulasikan secara khusus untuk memecah dan melarutkan kotoran  yang sulit. Di pasaran telah tersedia beberapa jenis pembersih yang sanggup dipakai pada jenis lantai yang berbeda-beda. anda juga sanggup membuatnya sendiri dari adonan cuka dan materi lainnya. Untuk lantai berbahan keramik anda hanya perlu memakai  pel berair untuk membersihkannya  atau menggunakan adonan cuka dan air. Gunakan handuk untuk  mengeringkan lantai sesudah mengepel dan  pengeringan udara atau sinar matahari eksklusif pada lantai. 


3. Rajin mengepel

Sumber: rumahkita.com


Semakin sering anda membersihkan lantai rumah, maka semakin praktis untuk mengangkat kotoran yang ada pada lantai. Lantai ubin harus rutin dibersihkan, tetapi banyak orang yang malah menunggu hingga lantai begitu kotor gres mereka ingin membersihkannya.

Membersihkan lantai memang pekerjaan mudah, namun hanya kalau anda melakukannya secara rutin. Karena semakin jarang lantai dibersihkan, maka semakin sulit pula kotoran yang sudah melekat untuk dibersihkan. Apalagi kalau lantai keramik yang anda gunakan berwarna putih, atau warna cerah lainnya. Karena semakin cerah warnanya, semakin kelihatan kalau ada kotoran atau bubuk yang menempel. Selain itu anda juga niscaya tidak akan merasa nyaman bukan kalau lantai keramik rumah anda kotor? Kaprikornus mulai sekarang, yuk bersihkan lantai keramik setiap hari!
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Membersihkan Lantai Keramik Agar Mengkilap. Semoga bermanfaat!

Tags: #Pemeliharaan