45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah

45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah - Indonesia adalah negara yg besar, negara yg terdiri dari ratusan ribu pulau yg tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah di Indonesia juga memiliki kebudayaannya masing-masing sebagai identitas suatu daerah, suatu pulau, atau satu suku, yg belum tentu sama dengan daerah lainnya. Budaya atau adat yg ada di suatu daerah dapat dilihat dengan jelas dari mulai hal-hal kecil seperti pakaian adat yg digunakan, bahasa daerah dengan logatnya yg unik, ataupun dari rumah penduduknya. Uniknya di Indonesia, setiap provinsi memiliki rumah adat yg berbeda-beda, dan salah satu yg cukup terkenal adalah rumah joglo khas provinsi Jawa Tengah.

Dalam adat jawa, rumah joglo bukan hanya dipKitang sebagai hunian saja. Lebih dari itu, rumah joglo adalah suatu simbol Untuk masyarakat jawa. Di rumah joglo, setiap Untukan rumah memiliki simbol dan arti seperti contohnya, kerangka rumah joglo atau yg biasa disebut dengan soko guru. Jika diamati ada empat pilar utama yg digunakan sebagai penygga rumah. Pilar-pilar utama ini melambangkan empat arah mata angin yaitu barat, timur, utara, dan selatan.

Selain itu, sama seperti kebanyakan rumah adat lainnya di Indonesia, rumah joglo juga bsa dijadikan acuan untuk menakar status sosial seseorang. Meski diakui sebagai rumah adat khas Jawa Tengah, namun tdk semua masyarakat jawa memiliki desain rumah joglo. Rumah joglo biasanya hanya dimiliki oleh para priyayi atau keturunan bangsawan saja. Umumnya tampilan rumah joglo terlihat sederhana, namun kerumitan dalam bahan baku serta pembuatan menjadikan proses rumah joglo khas Jawa Tengah ini memakan banyak waktu juga biaya.

Untukan-Untukan Rumah Joglo

Jika Untukan-Untukan rumah joglo dibedah, maka rumah adat khas Jawa Tengah ini terdiri atas beberapa Untukan yakni pendhopo, pringgitan, dan omah njero atau omah ndalem.

1.  Pendhopo
Pendhopo adalah suatu Untukan rumah yg biasa digunakan untuk menerima tamu. Pendhopo ini letaknya di Untukan depan rumah dan tdk memiliki dinding atau bersifat terbuka. Hal ini berkaitan dengan filosofi orang jawa yg selalu bersikap ramah, terbuka, dan tdk memilih-milih dalam menerima tamu. Pada umumnya pendhopo tdk diletakkan meja, atau kursi. Sebagai gantinya, lantai diberi tikar atau karpet untuk tamu yg datang. Ini bertujuan agar tamu yg datang dapat mengobrol dengan akrab, dan memiliki kesetaraan derajat antara pemilik rumah dan tamu.

2.  Pringgitan
Pringgitan adalah merupakan Untukan dari Ruangan tengah yg umumnya digunakan sebagai tempat untuk menerima tamu yg memiliki hubungan dekat seperti saudara. Pringgitan adalah Ruanganan yg berada diantara pendhopo dan omah dalem. Dala acara-acara adat, priggitan digunakan sebagai tempat untuk pertunjukkan yg berhubungan dengan acara ruwatan untuk anak sukerta (anak yg dijadikan mangsa bathara kala, dewa raksasa dalam kepercayaan jawa)
3.  Omah Dalem
Omah dalem atau omah njero adalah Ruangan dimana keluarga biasanya bercengkrama dan merupakan Ruangan pribadi pemilik rumah. Dalam omah dalem terUntuk menjadi beberapa Ruanganan atau Untukan yaitu Ruangan keluarga dan beberapa kamar yg disebut dengan senthong. Pada masa lalu, kamar atau senthong hanya dibuat menjadi tiga kamar saja. Kamar pertama biasanya dijadikan sebagai kamar tidur atau tempat istirahat kaum laki-laki. Kamar kedua biasanya dibiarkan kosong namun tetap diisi tempat tidur, atau amben lengkap dengan perlengkapan tidur. Dan yg terakhir yaitu kamar ketiga yg digunakan sebagai tempat istirahat kaum perempuan. Kamar kedua atau kamar tengah biasanya disebut dengan krobongan yaitu tempat untuk menyimpan pusaka dan tempat pemujaan terhadap dewi sri. Senthong atau kronongan adalah tempat paling suci atau privat Untuk penghuninya. Di dalam ndalem terdapat harta pusaka yg bermakna gaib serta padi hasil panen pertama yg disebut kranggasan.

Untuk Kita yg tertarik untuk membuat rumah dengan desain tradisional atau klasik, Kita bsa mencontek desain rumah joglo khas Jawa Tengah ini. Meski pun zaman dahulu desain rumah joglo khas Jawa Tengah ini hanya dimiliki para keluarga bangsawan, bukan berarti orang biasa tdk diperbolehkan untuk membuat rumah joglo atau meniru desainnya yg klasik dan elegan. Kita tertarik untuk membangun sebuah rumah dengan sentuhan tradisional rumah joglo? Berikut ini 45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah yg bsa Kita contek!

Gambar Contoh 45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah 

 negara yg terdiri dari ratusan ribu pulau yg tersebar dari Sabang sampai Merauke 45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah 45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah ini bsa membantu Kita mewujudkan rumah impian Kita!

Tags: #desain rumah #Desain Rumah Tradisional #Nuansa Alam #Rumah Klasik