10 Cara Mengatur dan Mengorganisir Ruang Kerja di Rumah

Mengatur dan Mengorganisir Ruang Kerja di Rumah 10 Cara Mengatur dan Mengorganisir Ruang Kerja di Rumah

Memiliki ruang kerja tersendiri di rumah kita merupakan cara yang tepat untuk memaksimalkan kinerja kita dengan memilih ruang khusus untuk bekerja atau belajar. Namun, jika ruang kerja kita sangat berantakan dan tidak teratur hingga kita tidak bisa lagi bekerja secara efisien, mungkin inilah waktunya kita membuat sedikit perubahan. Membereskan ruang kerja di rumah mungkin tampak seperti tugas yang berat, tetapi jika kita bandingkan ketika waktu kita terbuang karena mengobrak-abrik gundukan kertas tua untuk mencari sesuatu yang penting, kita akan mendapatkan hasil yang sepadan.
Ada banyak alasan untuk memiliki ruang kerja yang terorganisir. Jika Anda menjalankan bisnis dari rumah, sangat penting untuk dapat mengatur informasi klien secepat mungkin. Jika Anda menggunakannya sebagai ruang belajar, meja yang berantakan bisa menjadi pengalih perhatian ketika belajar. Apapun tujuan pembuatan ruangan tersebut, kita dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik jika kondisinya rapi dan bersih.
Manfaat memiliki suasana yang terorganisir juga berpengaruh terhadap kinerja yang lebih produktif dan mengurangi stres. Selain itu, memiliki ruangan yang bebas dari kekacauan dapat membantu Anda tetap sehat karena benda-benda yang berserakan adalah tempatnya serangga dan kuman berkembang biak. Jika Anda memiliki alergi atau asma, penumpukan debu dapat memperburuk gejala penyakit tersebut.
Pada dasarnya, kita merangcang ruang kerja atau belajar bertujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Jika ada tumpukan kertas atau sampah, kita pasti merasa kurang bersemangat untuk melakukan pekerjaan atau belajar. Selain itu, ruang kerja yang baik tidak hanya dilihat dari tumpukan kertas, pena dan pensil hingga kabel dan peralatan elektronik lainnya juga perlu diatur.

Mengatur Peralatan Elektronik
Anda menginvestasikan banyak uang untuk membeli perangkat elektronik di ruang kerja rumah Anda. Laptop atau komputer, printer, mesin fax dan perangkat keras lainnya, cukup penting untuk menempatkan barang-barang ini di tempat yang aman secara terorganisir.
Meja dengan ruang penyimpanan yang memadai adalah sebuah kebutuhan. Menempatkan peralatan kantor di lantai, terutama jika dilapisi karpet, dapat memperpendek umur penggunaan peralatan dan berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran. Pilih tempat yang aman untuk menjaga perangkat elektronik Anda. Perhatikan ukuran ruangan, posisi pintu dan jendela, dan tempatkan meja untuk mengakomodasi perangkat elektronik yang sering Anda gunakan.
Jika Anda memiliki peralatan tambahan seperti printer, fax atau scanner, pertimbangkan untuk menambahkan sebuah meja kecil atau lemari khusus untuk menyimpannya. Lemari dengan pintu memungkinkan Anda untuk menyimpannya dengan lebih rapi dan akses yang mudah.

Mengatur dan Mengorganisir Ruang Kerja di Rumah 10 Cara Mengatur dan Mengorganisir Ruang Kerja di Rumah

Mengatur ATK (Alat Tulis Kantor)
Kita pasti sering mengalami ketika membutuhkan sebuah ballpoin malah tidak dapat menemukannya. Perlengkapan alat tulis kantor yang terorganisir dan mudah diakses akan membantu Anda lebih efisien ketika bekerja, menyimpan dan menemukannya dengan mudah.
Langkah pertama dalam mengatur alat tulis kantor adalah memastikan persediaan Anda berada di urutan kerja. Ambil selembar kertas dan coba semua pena, ika ada yang rusak segera buang. Jika Anda memiliki banyak pena, pensil dan perlengkapan kantor lainnya, salah satu trik yang dapat Anda lakukan adalah dengan konsolidasi. Pilih peralatan favorit Anda dan simpan sisanya dalam tempat penyimpanan di lemari atau di laci meja. Jika Anda ingin lebih terorganisir, gunakan wadah khusus penyimpan bollpoin dan pensil dan tempatkan di laci meja.
Setiap peralatan yang digunakan setiap hari harus ditempatkan dalam jangkauan lengan dan alat-alat yang jarang digunakan dapat disimpan di area yang agak jauh dan tersembunyi untuk menghindari terlalu banyak benda yang ada di atas meja.

Mengatur dan Mengorganisir Ruang Kerja di Rumah 10 Cara Mengatur dan Mengorganisir Ruang Kerja di Rumah

Mengatur Tumpukan Kertas
Banyak orang yang biasanya merasa khawatir jika harus membuang kertas-kertas tua. Saat ini kita memang harus hati-hati jika membuang sesuatu yang mungkin berisi informasi pribadi kita di dalamnya, tapi tentu saja kita tidak bisa menyimpan semuanya dalam waktu yang lama, sesuatu yang tidak digunakan lagi harus dikeluarkan dari ruang kerja.
Setelah Anda memilah-milah mana yang termasuk sampah, Anda memiliki beberapa pilihan, membuangnya adalah pilihan pertama, tetapi sebelumnya teliti semua isi dokumen dengan baik. Jangan membuang dokumen yang berisi informasi pribadi atau berharga seperti nomor rekening bank. Kita dapat menghancurkannya dengan penghancur kertas atau biasa disebut shredder kertas. Penghancur kertas adalah cara terbaik untuk membuang dokumen yang berisi informasi pribadi untuk menghindari pencurian identitas. Pilihan lain kita dapat mendaur ulang kertas lama. Ada beberapa organisasi yang khusus mendaur ulang kertas.

Ruang kerja yang nyaman sama seperti halnya tempat tinggal. Kita pasti merasa nyaman jika rumah kita bersih dan rapi, bebas sampah dan kotoran. Oleh karena itu, perlakukan ruang kerja seperti kamar pribadi kita, buat senyaman mungkin agar pekerjaan kita dapat terselesaikan dengan baik.

Tags: #CAT #DAPUR #DENAH #DESAIN #FOTO #INTERIOR #KAMAR #MINIMALIS #MODEL #MURAH #RUANG #RUMAH #TAMU