10 Cara Menata Ruang Tamu Menjelang Lebaran

Tips dekorasi dan menata ruang tamu menjelang lebaran 10 Cara Menata Ruang Tamu Menjelang Lebaran

Tips dekorasi dan menata ruang tamu menjelang lebaran - Ruang tamu tidak hanya ruang untuk bersantai atau menghabiskan waktu tetapi juga bagian utama dari rumah dimana kita menyambut tamu. Seiring kita memasuki bulan puasa dan menjelang lebaran, banyak orang mulai menata ruang tamu mereka. Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana teknik merenovasi dan cara menata ruang tamu agar terlihat lebih baik saat lebaran tiba.
Ruang tamu mencerminkan kepribadian pemilik rumah, itulah mengapa kita harus membuatnya sebaik mungkin. Berikut adalah beberapa ide tentang bagaimana menata ruang tamu menjelang lebaran agar para teman dan kerabat kita nyaman berada di rumah kita.

Baca juga: Langkah-Langkah Dekorasi Ruang Tamu

  • Tata Ruang

Idealnya, penataan ruang tamu disesuaikan dengan bentuk ruangan itu sendiri. Setelah itu kita bisa mengatur posisi furnitur dan perabot. Posisi kursi dan meja perlu diperhatikan karena akan berdampak pada suasana ketika kita menyambut tamu, terutama saat lebaran karena pasti banyak orang silih ebrganti mampir ke rumah Anda. Itulah sebabnya kita harus mempersiapkan dengan baik agar semua tamu terakomodasi tanpa ada masalah, termasuk menyiapkan tempat duduk tambahan jika sewaktu-waktu diperlukan

  • Atur Sofa dan Meja dengan Baik

Tips dekorasi dan menata ruang tamu menjelang lebaran 10 Cara Menata Ruang Tamu Menjelang Lebaran
Menata Sofa dan Meja Ruang Tamu Menjelang Lebaran. gambar:pinterest.com

Posisi sofa memainkan peran penting dalam membuat ruangan lebih nyaman dan ramah saat lebaran. Sofa adalah salah satu bagian dari furnitur yang cukup berukuran besar. Aturan penting ketika menata sofa adalah dengan menempatkannya menghadap pintu, bisa miring di sudut atau dapat menempel dinding. Jika Anda terpaksa menempatkan sofa membelakangi pintu masuk, Anda perlu menambahkan dekorasi lain seperti meja hias di belakang sofa agar tidak ada kesan penolakan terhadap tamu.

  • Cat Dinding

Jika ruang tamu terlihat tidak lagi menarik, Anda bisa mempertimbangkan renovasi ulang dinding. Renovasi dinding bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mengecat ulang dinding atau menambahkan hiasan dinding. Ruangan yang tertutup akan terlihat sempit dan pengap. Dengan menata ulang tampilan dinding, Anda dapat membuatnya tampak lebih luas dan ramah. Anda juga bisa menggunakan wallpaper dinding untuk mendapatkan tampilan yang lebih atraktif. Jangan lupa untuk melihat ke atas yaitu langit-langit yang biasanya juga perlu dibersihkan menjelang lebaran.

Baca juga: Warna Dinding Ruang Tamu Minimalis

Anda memiliki banyak pilihan untuk menata ulang lantai ketika lebaran sudah tiba. Umumnya rumah menggunakan lantai ubin. Jika demikian kita hanya perlu membersihkannya agar tampak lebih mengkilap. Jika Anda ingin benar-benar mengubahnya, renovasi ulang ubin membutuhkan lebih banyak waktu jadi pertimbangkan melakukannya jauh sebelum puasa. Pilih motif dan warna ubin dengan cermat karena dapat menciptakan gaya yang sangat berbeda.

Tips dekorasi dan menata ruang tamu menjelang lebaran 10 Cara Menata Ruang Tamu Menjelang Lebaran
Menata Lantai Ruang Tamu Menjelang Lebaran. gambar:carols.co

Pilihan lain menata ulang lantai adalah memanfatkan karpet. Penggunaan karpet lebih mudah dan dapat selalu diperbarui. Namun penempatan karpet yang tepat tidak kalah pentingnya, memilih warna dan ukuran yang tepat memainkan peran penting. Jika Anda memiliki dinding berwarna terang maka karpet berwarna gelap dapat menyeimabngkan pandangn mata. Hal ini juga dapat digunakan sebagai pembagi untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang lainnya. Karpet sangat berguna jika saat lebaran ada banyak tamu yang datang bersamaan.

Baca juga: Inspirasi Karpet Unik Dengan Pola Modern

  • Penerangan

Tips dekorasi dan menata ruang tamu menjelang lebaran 10 Cara Menata Ruang Tamu Menjelang Lebaran
Menata Penerangan Ruang Tamu Menjelang Lebaran. gambar:alleyt.com

Penerangan yang baik membuat ruang tamu terlihat sempurna. Penerangan adalah bagian yang paling penting dari dekorasi ruang tamu karena ketika lebaran tamu tidak hanya datang siang hari, tapi juga malam hari. Selain lampu utama Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan lampu hias.

  • Perabot dan Perlengkapan

Setelah menata ruang tamu dari atas hingga ke bawah, saatnya untuk menata perabotan dan perlengkapan yang ada di ruang tamu, termasuk hiasan dan asesoris. Tempatkan segala sesuatu di tempat yang strategis, jika perlu untuk sementara singkirkan perabot yang sekiranya tidak diperlukan. Jika ada TV di ruang tamu, maka Anda bisa membuatnya sebagai titik fokus ruangan. Anda juga bisa menempatkan beberapa pot tanaman segar di sudut ruangan akan kondisi ruangan lebih alami.

  • Kebersihan

Faktor lain yang juga perlu diperhatikan adalah kebersihan. Bersihkan debu di sofa, meja dan lantai serta jendela, ganti taplak meja dengan yang baru, tambahkan pengharum ruangan. Jangan lupa membersihkan teras karena bagian ini adalah yang pertama dilihat orang sebelum memasuki rumah Anda.

Itulah beberapa cara yang efektif untuk menata ruang tamu menjelang lebaran. Anda bisa melakukannya bersama keluarga. Untuk tata ulang yang sekiranya berat dan membutuhkan waktu lama serta tenaga ahli, pertimbangkan untuk melakukannya jauh sebelum lebaran. Ada banyak banyak cara efektif untuk menata ruang tamu Anda sebelum lebaran. Anda cukup fokus pada poin-poin penting yang disebutkan di atas dan Anda akan mendapatkan perubahan ruang tamu Anda ketika lebaran tiba.

Tags: #CAT #DAPUR #DENAH #DESAIN #FOTO #INTERIOR #KAMAR #MINIMALIS #MODEL #MURAH #RUANG #RUMAH #TAMU